Pelitadigital.id30 Usaha di Pedesaan yang Dapat Menggerakkan Ekonomi Lokal – Perekonomian nasional tidak dapat dipisahkan dari kontribusi desa-desa di seluruh Indonesia. Dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah pusat memberikan prioritas pada program pembangunan desa, khususnya dalam sektor ekonomi. Langkah ini menjadi peluang besar untuk menjelajahi berbagai jenis usaha di desa yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Salah satu faktor pendorong utama ekonomi desa adalah kembalinya para sarjana ke kampung halaman mereka. Dengan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki, mereka dapat mengembangkan usaha di desa. Berikut adalah beberapa peluang usaha yang potensial untuk dijalankan di pedesaan:

30 Usaha di Pedesaan yang Dapat Menggerakkan Ekonomi Lokal

1. Bisnis Pulsa

Bisnis pulsa merupakan usaha yang menjanjikan dengan modal kecil namun keuntungan besar. Pasarnya luas dan mencakup semua lapisan masyarakat, baik di kota maupun desa. Selain itu, mudahnya menemukan agen atau distributor dari berbagai operator juga mempermudah menjalankan usaha ini.

2. Penjualan Token Listrik

Masyarakat desa mulai beralih ke sistem listrik pra-bayar menggunakan token listrik. Usaha ini sangat menguntungkan dengan tingkat kerugian yang rendah karena yang dijual adalah kebutuhan utama masyarakat. Tidak ada persyaratan khusus untuk menjadi penjual token listrik, hanya perlu mencari distributor PLN di daerah setempat.

3. Menjadi Agen Pegadaian

Sebagai agen pegadaian, Anda dapat membantu masyarakat desa yang membutuhkan dana cepat dengan syarat yang lebih mudah dibandingkan bank. Keuntungan berasal dari margin bunga dan biaya administrasi, sementara modal utama disediakan oleh lembaga pegadaian.

4. Jasa Pangkas Rambut

Membuka jasa pangkas rambut di desa memberikan kemudahan bagi warga yang biasanya harus pergi ke kota kecamatan atau kabupaten. Ini juga menjadi peluang bagi sarjana muda untuk mempelajari skill barbering sebelum membuka usaha sendiri di desa.

5. Jualan Kue Tradisional

Desa-desa di Indonesia memiliki berbagai penganan khas yang selalu diminati. Usaha jualan kue tradisional dapat menjadi sangat menguntungkan, terutama dengan teknologi kemasan yang lebih higienis dan menarik saat ini. Bahan baku umumnya tersedia di lahan pertanian desa, yang juga dapat membantu meningkatkan pendapatan petani.

6. Usaha Pertanian Hidroponik

Hidroponik merupakan metode pertanian yang sedang digandrungi di perkotaan, namun juga cocok diterapkan di desa. Masyarakat desa yang sudah akrab dengan pertanian dapat dengan mudah mempelajari dan menjalankan usaha ini. Selain menjual hasil panen, kita juga bisa menjual instalasi hidroponik atau menjadi instruktur bagi pemula.

7. Ternak Ayam Kampung

Beternak ayam kampung adalah usaha yang menjanjikan dengan modal kecil. Desa biasanya memiliki lahan yang luas dan lingkungan yang kondusif untuk beternak. Kemitraan dengan perusahaan di bidang peternakan dan pangan juga dapat membantu peternak dari awal hingga panen.

8. Usaha Sewa Alat Pertanian

Usaha ini cocok bagi yang memiliki modal lebih dan ingin berbisnis di desa. Menyewakan alat pertanian sangat dibutuhkan terutama saat musim panen atau menanam, dimana permintaan akan alat-alat tersebut sangat tinggi.

9. Usaha Jahit

Dengan perkembangan yang dinamis, usaha jahit di desa memiliki cakupan yang luas dan potensi besar untuk inovasi. Selain mesin jahit yang kini bisa diperoleh dengan berbagai metode pembayaran, permintaan jasa jahit juga terus meningkat seiring bertambahnya populasi.

10. Penjualan Aneka Bibit Tanaman

Menjual bibit tanaman memiliki pasar yang luas, terutama dengan adanya marketplace yang memungkinkan pemasaran secara daring. Mulai dari bibit tanaman hias, sayur-mayur, hingga buah-buahan, usaha ini menjanjikan dan mendukung tren berkebun yang meningkat sejak pandemi.

11. Usaha Jasa Servis Parabola

Di desa terpencil, parabola menjadi alat penting untuk menerima siaran TV. Jasa servis parabola memiliki pasar yang luas dan menjanjikan, dengan potensi melayani desa di satu kecamatan hingga antar kecamatan.

12. Usaha Jasa Titip Ke Kota

Dengan meningkatnya penggunaan teknologi informasi, jasa titip ke kota menjadi bisnis yang menguntungkan. Membeli barang sesuai permintaan konsumen di desa saat berada di kota dan kemudian menjualnya dengan tambahan biaya jasa, memudahkan masyarakat desa mendapatkan barang tanpa harus pergi ke kota.

13. SPBU Mini

Pertashop yang bekerjasama dengan Pertamina adalah alternatif bisnis SPBU mini yang menguntungkan di desa. Dengan pasokan rutin dari Pertamina dan harga yang sama, usaha ini sangat bermanfaat bagi masyarakat desa yang jauh dari SPBU.

14. Usaha Penjualan Tanaman Hias

Lonjakan permintaan tanaman hias membuat budidaya tanaman ini menjadi usaha yang menjanjikan di desa. Lingkungan desa yang mendukung dan kehadiran marketplace yang luas membantu memasarkan produk hingga lintas provinsi.

15. Pembuatan Pot Tanaman

Seiring meningkatnya permintaan tanaman hias, pembuatan pot tanaman juga menjadi usaha yang menguntungkan. Dengan berbagai pilihan bahan baku seperti semen, tanah liat, plastik, dan kayu, pot tanaman dengan desain estetik dapat menarik banyak pembeli.

16. Usaha Kerajinan Mebel

Desa dengan sumber daya kayu yang melimpah dapat memanfaatkan usaha kerajinan mebel. Walau membutuhkan modal besar, potensi pasar lokal dan ekspor membuat usaha ini sangat menguntungkan.

17. Usaha Jual Ikan Asin

Desa dekat laut, sungai, atau danau dapat mengembangkan usaha jual ikan asin. Dengan pasokan bahan baku yang baik dan riset pasar yang tepat, usaha ini memiliki pasar luas hingga mancanegara.

18. Menjadi Sub Agen Elpiji 3Kg

Menjadi sub agen Elpiji 3Kg memberikan peluang keuntungan yang baik karena tingginya permintaan di desa. Meskipun ada beberapa persyaratan administrasi, namun setelah berjalan, usaha ini sangat menguntungkan.

19. Minuman Ringan

Jualan minuman di pinggir jalan kampung, terutama di lokasi strategis seperti jalan poros desa atau dekat sekolah, dapat menjadi usaha yang menguntungkan dengan modal kecil dan bahan baku yang mudah diperoleh.

20. Jasa Servis Motor

Dengan tingginya kebutuhan jasa servis motor, membuka usaha ini di desa sangat menguntungkan, terutama jika Anda memiliki skill dan lokasi yang strategis.

21. Kerajinan Tangan Asli Desa

Desa memiliki berbagai hasil kerajinan tangan yang khas dan memiliki pasar yang luas. Dengan memanfaatkan teknologi untuk pemasaran, kerajinan tangan desa dapat menjangkau pasar nasional hingga internasional.

22. Penginapan

Desa dengan potensi wisata besar dapat memanfaatkan rumah warga sebagai penginapan. Dengan suasana natural dan fasilitas yang memadai, penginapan warga menjadi alternatif yang menarik bagi wisatawan.

23. Menjadi Reseller Suatu Produk

Banyak brand nasional dan internasional yang menjadikan desa sebagai target pasar. Menjadi reseller produk-produk ini dapat menjadi usaha yang menguntungkan di desa, dengan penyesuaian tren pasar dan waktu pembayaran yang sesuai dengan kondisi masyarakat.

24. Usaha Jual Beli Ikan Hias

Dengan modal kecil dan lahan terbatas, usaha jual beli ikan hias seperti ikan Koi dan Cupang memiliki pasar luas dan menguntungkan.

25. Lobster Air Tawar

Budidaya lobster air tawar menjanjikan karena permintaan yang tinggi dan kandungan protein yang lebih dibandingkan lobster laut. Pasar ekspor seperti Korea, Jepang, dan Singapura memberikan peluang besar untuk usaha ini.

26. Ternak Lele

Walaupun sudah banyak yang menjalankan usaha ini, ternak lele tetap menjanjikan dengan strategi pemasaran yang tepat, seperti kerjasama dengan pedagang pecel lele dan restoran.

27. Keramba Jaring Apung

Usaha ini cocok untuk desa dekat laut dengan keuntungan besar jika berhasil. Dilakukan secara kelompok, biaya pemeliharaan rendah, namun perlu memperhatikan pencemaran laut.

28. Usaha Pewangi Pakaian Literan

Dengan berbagai varian wangi dan ukuran wadah, usaha pewangi pakaian literan sangat digandrungi saat ini. Bisnis ini cocok untuk anak muda dengan latar belakang kimia.

29. Rental Playstation

Dengan listrik stabil dan banyaknya anak-anak dan remaja di desa, rental PlayStation menjadi usaha yang menguntungkan dengan modal yang relatif kecil.

30. Membuka Jasa Bimbingan Belajar

Walaupun tidak berkeuntungan besar, membuka jasa bimbingan belajar membantu adik-adik memahami pelajaran dan memberikan pemasukan tambahan.

Dengan memanfaatkan berbagai peluang usaha ini, desa dapat menjadi pusat perekonomian yang kuat dan mandiri, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *